Translate

Benda-benda yang harus dihindari Anak

PENASARAN?! Itu mungkin yang terlintas di benak anak-anak terhadap apa yang mereka temui di sekelilingnya. Ada beberapa benda yang sebaiknya orang tua hindarkan dari jangkauan anak-anak terutama balita (bawah lima tahun) karena bisa berakibat fatal bagi si kecil. Benda-benda yang harus dijauhkan atau dihindari anak-anak Anda, antara lain:
1.   Mainan kecil atau bagian mainan yang kecil-kecil
Sebaiknya membeli mainan yang lebih besar dari kepalan tinju anak Anda. Hindari mainan berbentuk bulat (seperti bola kecil dan kelereng), kenop kecil, bahkan baut-baut yang terlepas dari mainan anak karena bisa tertelan. Termasuk periksa mata dan hidung boneka yang mudah terlepas apakah jahitannya kuat. Kalaupun banyak mainan yang kecil, usahakan orang tua selalu mengawasi kegiatan anak selama bermain mainan tersebut.
2.   Bungkusan kecil bertuliskan “jangan dimakan”
Biasanya bungkusan kecil “jangan dimakan atau do not eat” terdapat di dalam kotak sepatu, kamera, jam, atau benda-benda tertentu untuk mencegah kelembaban.
3.   Tutup pena
Jauhkan tutup pena dan semua benda-benda kantor kecil Anda dari jangkauan anak. Peluru dan benda-benda silindris seperti tutup pena dapat menyangkut di jalan napas anak dan menyebabkan kesuitan napas jika tertelan. Ajari anak pada saat menulis atau memegang pena untuk tidak mengigit tutup pena.
4.   Parfum
Parfum dan cologne sering mengandung lebih dari 90% alkohol sehingga jika tertelan dalam jumlah yang sedikit pun bisa berbahaya. Untungnya, rasa produk ini sangat tidak enak, sehingga anak-anak sering memuntahkannya tanpa menelan dalam jumlah banyak. Simpan parfum dan cologne yang mudah dibuka tutupnya di tempat aman jauh dari jangkauan anak.
5.   Petroleum
Minyak lampu, bensin, minyak tanah, cairan geretan, dan terpentin, semuanya dapat berakibat fatal jika terhirup sedikit ke dalam paru-paru, misalnya pneumonia. Biasanya ada petunjuk praktis di luar kemasan benda-benda tersebut: “Jika tertelan segera bawa ke dokter atau ke rumah sakit.”
6.   Racun tikus dan racun serangga
Kebanyakan racun tikus mengandung sedikit zat pengencer darah Warfarin. Segera bawa anak Anda yang tak sengaja menelan racun tikus tersebut ke dokter atau ke rumah sakit. Apalagi jika muncul tanda-tanda komplikasi seperti pendarahan yang tak biasa. Begitu pula dengan racun serangga, kebanyakan beredar dalam bentuk yang dibuat sedemikian rupa seperti mirip dengan kapur tulis sehingga menarik perhatian anak untuk menulis.
7.   Shampo, sabun, dan detergen
Shampo, sabun, dan detergen yang tertelan bisa menyebabkan mual, muntah, atau diare. Segera periksakan anak ke dokter jika muncul gejala tidak mereda.
8.   Popcorn
Biasanya popcorn berbentuk bulat dengan tepi bergerigi yang apabila kepingan atau biji jagung tidak mekar dapat mengakibatkan tersedak dan bahaya tersedot. Usahakan jauhkan dari jangkauan anak balita.
9.   Obat resep dokter
Hati-hati menyimpan obat resep dokter untuk penyakit jantung, tekanan darah, antidepresi, diabetes, obat penghilang rasa sakit dan obat tidur. Apabila anak makan 1 atau 2 pil obat-obatan ini akan menyebabkan keracunan pada anak-anak. Sebaiknya simpanlah obat-obatan ini dalam wadah tertutup yang tidak bisa dibuka anak. Segera hubungi dokter atau bawa anak ke rumah sakit jika ia memakan obat ini.
10.   Pasta gigi
Anak-anak di bawah umur 3 tahun sebaiknya tidak pakai pasta gigi. Tetapi jika anak Anda menelan busa yang memenuhi mulutnya atau memakan sedikit setelah ia memencet tubenya, Anda tak perlu cemas. Segeralah periksakan ke dokter jika pasta gigi yang dimakan dalam jumlah banyak.
11.   Alat-alat di dapur
Sudah pasti alat-alat yang digunakan untuk memasak di dapur sangat berbahaya bagi anak-anak Anda, seperti pisau, gunting, dan alat-alat lainnya bahkan gas untuk memasak. Orang tua harus benar-benar mengawasi jika anak masuk sendirian ke dapur, ditakutkan menggunakan barang-barang tersebut.

***

0 komentar :

Posting Komentar

 
How to Lose Weight at Home Top