Translate

Detergen

Pernahkah kita berpikir dampak pengunaan detergen bagi lingkungan? Dengan berbagai alasan kita merasa detergen amat sangat membantu pada saat mencuci. Selain praktis dan mudah didapat, penggunaan detergen pada saat mencuci memberikan hasil yang memuaskan.
Seperti diketahui detergen merupakan produk sintetis. Penggunaannya akan menimbulkan polusi yaitu meningkatnya pH air (keasaman). Keasaman air yang tinggi akan mengganggu kehidupan organisme. Semakin tinggi penggunaan detergen di masyarakat, maka semakin tercemar pula lingkungan perairan di sekitar pemukiman penduduk. Termasuk sungai-sungai yang menjadi sumber air bagi perusahaan air minum.
Padahal, air yang tercemar senyawa detergen dalam jumlah banyak, akan sulit diuraikan oleh sistem instalasi air yang ada. Oleh karena itu, tidak menutup kemungkinan senyawa ini masih terkandung dalam air bersih yang disalurkan ke rumah-rumah penduduk. Inilah yang mengkhawatirkan karena senyawa detergen bersifat karsinogenik atau pemicu kanker bila tertumpuk dalam jangka waktu yang lama dalam tubuh.
Banyak sekali produk detergen yang mengklaim diri ramah lingkungan. Padahal menurut Budiawan, seorang ahli toksikolog dari Universitas Indonesia, bahwa linier alkyl benzene sulfonate sebagai surfaktan detergen yang lebih ramah lingkungan masih menyisakan ikatan benzena setelah 10 hari berada di lingkungan. Ikatan ini berbahaya karena dapat memicu kanker. Selain itu, bahan antiseptik yang ditambahkan ke dalam detergen akan mengganggu kehidupan organisme. Ini jelas sangat merugikan lingkungan. Salah satu cara untuk mengetahui apakah detergen yang kita pakai ramah lingkungan atau tidak adalah dengan merendam pakaian sehari semalam. Jika air menjadi busuk, itu bisa menjadi indikator bahwa detergen tidak ramah lingkungan.
Oleh karena itu, supaya mencuci tidak mencemari lingkungan alangkah baiknya menggunakan bahan-bahan yang sudah digunakan sejak lama.  
Pertama, gunakan sabun colek untuk mencuci. Meskipun kita secara ekonomi mampu, ternyata dengan membeli dan menggunakan sabun colek selain tidak merusak tangan juga tidak mencemari lingkungan.  
Kedua, gunakan buah lerak  sebagai bahan mencuci. Caranya: buah lerak harus dipecah karena dari pecahannya yang kemudian dicelupkan ke dalam air dan digosok nanti akan keluar buih. Soalnya buih yang muncul mirip dengan buih sabun. Kemudian pakaian yang akan dicuci direndam semalaman. Manfaat penggunaan buah lerak yaitu dapat membuat kain berwarna lebih tahan warnanya. Contohnya digunakan untuk mencuci kain batik. Baca: cara mencuci kain batik. Selain itu, air bekas cuciannya pun bisa diuraikan mikroorganisme sehingga tidak mencemari lingkungan.


 ***

0 komentar :

Posting Komentar

 
How to Lose Weight at Home Top