Translate


Nyamuk Dengue
Ada beberapa kemungkinan yang terjadi bila kita digigit nyamuk yang mengandung virus dengue atau demam berdarah. Menurut Prof. Dr. H. Azhali, MS., SpAK, dalam “Konsultasi Kesehatan Ibu dan Anak” menyebutkan bahwa virus demam berdarah yang menyerang seseorang dipengaruhi oleh daya tahan tubuh, jumlah virus, dan faktor keganasan virus. Lalu apa saja kemungkinannya? berikut ini penjelasannya:
1.  Anak tetap sehat karena mempunyai kekebalan yang cukup disebut asymptomatic.
2.  Anak menjadi sakit serta timbulnya panas yang tidak bisa dibedakan dengan panas akibat penyakit. Satu-satunya yang dapat memastikan adalah dengan melakukan pemeriksaan darah. Keadaan ini disebut Undifferensiated fever atau viral syndrome (demam tidak spesifik)
3.  Timbul Demam Dengue atau Dengue fever syndrome Tanda-tandanya yakni demam tinggi, mendadak nyeri kepala, nyeri belakang bola mata, nyeri otot tulang atau sendi, mual muntah, timbulnya ruam atau bercak merah.

4.   Demam berdarah dengue sudah ada patokan gejala yang ditentukan yaitu:
a. Demam mendadak tinggi selama 2-7 hari terus menerus.
b. Timbulnya pendarahan yakni timbul bercak merah di tangan setelah di tes dengan menggunakan alat untuk mengukur tekanan darah atau timbul bintik atau bercak perdarahan, berdarah hidung, gusi, mulut, saluran cerna, saluran kencing.
c. Pembesaran hati.
d. Gangguan sirkulasi, yaitu tekanan darah turun, nadi cepat dan kecil, penderita gelisah, kaki dan tangan dingin lembab, jumlah trombosit turun dan kekentalan darah meningkat.

5.  Sindrom syok dengue ditandai dengan penderita gelisah, nafas cepat, nadi teraba kecil (lembut atau tak teraba), tekanan nadi menyempit yakni beda tekanan darah atas dan bawah kurang dari 20 mm Hg, bibir biru, tangan kaki dingin, dan tidak ada produksi urin.
Keadaan ini sangat gawat, bila tidak segera ditanggulangi dapat mengakibatkan penderita meninggal dunia.

Dibawah ini gambar untuk menangani berkembangbiaknya nyamuk Demam berdarah dengue:

 ***

0 komentar :

Posting Komentar

 
How to Lose Weight at Home Top