Terdapat dua penyebab munculnya rasa jenuh di lingkungan
kerja, pertama faktor psikis dan kedua faktor lingkungan. Faktor psikis berasal dari dalam diri Anda, seperti stres yang bisa
menyebabkan kejenuhan kerja. Stres bisa terjadi karena Anda terlalu fokus pada
pekerjaan bahkan mengesampingkan kehidupan pribadi, keluarga atau yang lainnya.
Apalagi pada saat banyak pekerjaan yang belum terselesaikan sehingga menumpuk
dan menjadi terbengkalai bisa menjadi pemicu stres. Ditambah lagi ketika Anda
mengalami kelelahan karena terkadang fisik tidak bisa mengimbangi berbagai
tugas yang Anda kerjakan. Sedangkan faktor
lingkungan dapat berasal dari rekan kerja dan atasan maupun suasana di
kantor. Tidak setiap hari rekan kerja Anda menyenangkan atau membantu pada saat
Anda kesulitan dalam bekerja. Karena rekan kerja Anda juga sama harus
menyelesaikan pekerjaannya. Begitu pun atasan Anda, pada saat terdapat tugas
yang harus diselesaikan dengan cepat maka Anda harus segera menyelesaikannya
sesuai batas waktu atau sesuai keinginan atasan. Apalagi suasana lingkungan
kerja atau ruangan kantor tidak mendukung kenyamanan dalam bekerja sehingga
membuat Anda menjadi merasa jenuh dan malas untuk menyelesaikan pekerjaan.
Berikut di bawah ini terdapat beberapa tips atau cara untuk
menghindari dan menghilangkan rasa jenuh dalam bekerja:
1. Pandai Mengatur Waktu
Mengatur
waktu merupakan bagian penting yang harus Anda lakukan dalam bekerja. Anda
harus mengatur kapan untuk bekerja keras dan kapan waktu untuk beristirahat
dengan santai. Pada saat bekerja, kta harus berkonsentrasi dengan pekerjaan,
sebaliknya saat beristirahat gunakan waktu semaksimal mungkin untuk bersantai
tidak memikirkan pekerjaan.
2. Lemaskan Otot
Luangkan
sejenak untuk melakukan relaksasi dengan melemaskan otot-otot yang bertumpu
pada tangan, lengan, muka, kepala, leher, bahu, dada, lambung, dan punggung
bawah, lalu terakhir ke daerah kaki. Caranya: tiap otot ditegangkan selama 5-7
detik kemudian dikendorkan selama 12-15 detik. Ulangi cara ini hingga 5 kali
berturut-turut. Metode relaksasi ini biasa membantu mengurangi bahkan meredakan
stres.
3. Tata Ulang Ruang Kerja
Dekorasi
ruang kerja merupakan salah satu hal yang penting untuk meningkatkan semangat
kerja. Luangkan waktu Anda selama 10 hingga 15 menit untuk menata ruangan
tersebut. Sebagai contoh dekorasi meja Anda dengan warna cerah serta taruh foto
bersama pasangan atau keluarga sehingga dapat membangun mood Anda.
4. Dengarkan Musik
Menikmati
sejenak dengan mendengarkan musik dalam keadaan rileks saat bekerja atau
setelah pulang kerja dapat menghilangkan rasa penat atau rasa jenuh.
5. Manfaatkan Waktu Istirahat
Memanfaatkan
waktu istirahat merupakan prioritas utama untuk menyegarkan pikiran. Oleh
karena itu, sebaiknya hentikan semua pekerjaan dan segeralah untuk makan siang
sambil berkumpul bersama rekan atau sahabat. Bicarakanlah hal-hal ringan untuk
mengembalikan kesegaran pikiran. Sehingga saat Anda kembali untuk bekerja sudah
siap dengan energi dan semangat yang baru.
6. Berpikir Positif
Berpikir
positif atau berprasangka baik adalah salah satu cara untuk menghilangkan stres
dan jenuh dalam bekerja. Misal pada saat atasan marah-marah, Anda harus
berprasangka baik karena marah tersebut merupakan masukan yang berguna bagi
perkembangan kinerja di kemudian hari.
7. Membuat Prioritas
Mulailah
dengan membuat daftar semua tugas yang harus dikerjakan pada hari itu. Susunlah
berdasarkan skala prioritas, mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu dan
mana tugas berikutnya. Hal ini dilakukan supaya Anda terbantu dan bisa lebih
fokus dalam bekerja.
8. Istirahat Sebentar
Terkadang
Anda lupa untuk memberikan waktu istirahat bagi tubuh karena bekerja terlalu
fokus selama berjam-jam. Luangkan istirahat sejenak dalam setiap jam atau
setiap menyelesaikan tugas sekitar 5 menit. Selama istirahat tersebut bisa
melakukan beberapa hal, seperti menyeduh segelas teh atau menghirup udara segar.
Dapat juga dimanfaatkan untuk merenggangkan tubuh, berselancar di internet,
main game, atau hanya menutup mata selama beberapa detik tapi awas ketiduran.
9. Melakukan Sesuatu Yang Baru
Pada
saat merasa jenuh dan bosan dalam bekerja, Anda bisa melakukan inisiatif untuk
melakukan sesuatu yang baru untuk membangun perusahaan, seperti menawarkan diri
untuk mencari konsumen baru, membuat data base baru, atau beberapa aktivitas
yang terkait dengan pekerjaan. Pastikan hal tersebut, setelah Anda mendapatkan
izin dari atasan.
10.
Selalu Berusaha dan Tetap Berdoa
Hal yang paling utama
dari point-point di atas adalah hendaknya Anda selalu berusaha lebih baik dalam
menyelesaikan setiap tugas. Dan tetap berdoa kepada-Nya agar Anda senantiasa
diberikan kemudahan, kelancaran, dan mendapatkan hasil yang diharapkan.
***
0 komentar :
Posting Komentar