Translate



Terdapat dua penyebab munculnya rasa jenuh di lingkungan kerja, pertama faktor psikis dan kedua faktor lingkungan. Faktor psikis berasal dari dalam diri Anda, seperti stres yang bisa menyebabkan kejenuhan kerja. Stres bisa terjadi karena Anda terlalu fokus pada pekerjaan bahkan mengesampingkan kehidupan pribadi, keluarga atau yang lainnya. Apalagi pada saat banyak pekerjaan yang belum terselesaikan sehingga menumpuk dan menjadi terbengkalai bisa menjadi pemicu stres. Ditambah lagi ketika Anda mengalami kelelahan karena terkadang fisik tidak bisa mengimbangi berbagai tugas yang Anda kerjakan. Sedangkan faktor lingkungan dapat berasal dari rekan kerja dan atasan maupun suasana di kantor. Tidak setiap hari rekan kerja Anda menyenangkan atau membantu pada saat Anda kesulitan dalam bekerja. Karena rekan kerja Anda juga sama harus menyelesaikan pekerjaannya. Begitu pun atasan Anda, pada saat terdapat tugas yang harus diselesaikan dengan cepat maka Anda harus segera menyelesaikannya sesuai batas waktu atau sesuai keinginan atasan. Apalagi suasana lingkungan kerja atau ruangan kantor tidak mendukung kenyamanan dalam bekerja sehingga membuat Anda menjadi merasa jenuh dan malas untuk menyelesaikan pekerjaan.
Berikut di bawah ini terdapat beberapa tips atau cara untuk menghindari dan menghilangkan rasa jenuh dalam bekerja:
1.      Pandai Mengatur Waktu
Mengatur waktu merupakan bagian penting yang harus Anda lakukan dalam bekerja. Anda harus mengatur kapan untuk bekerja keras dan kapan waktu untuk beristirahat dengan santai. Pada saat bekerja, kta harus berkonsentrasi dengan pekerjaan, sebaliknya saat beristirahat gunakan waktu semaksimal mungkin untuk bersantai tidak memikirkan pekerjaan.
2.      Lemaskan Otot
Luangkan sejenak untuk melakukan relaksasi dengan melemaskan otot-otot yang bertumpu pada tangan, lengan, muka, kepala, leher, bahu, dada, lambung, dan punggung bawah, lalu terakhir ke daerah kaki. Caranya: tiap otot ditegangkan selama 5-7 detik kemudian dikendorkan selama 12-15 detik. Ulangi cara ini hingga 5 kali berturut-turut. Metode relaksasi ini biasa membantu mengurangi bahkan meredakan stres.
3.      Tata Ulang Ruang Kerja
Dekorasi ruang kerja merupakan salah satu hal yang penting untuk meningkatkan semangat kerja. Luangkan waktu Anda selama 10 hingga 15 menit untuk menata ruangan tersebut. Sebagai contoh dekorasi meja Anda dengan warna cerah serta taruh foto bersama pasangan atau keluarga sehingga dapat membangun mood Anda.
4.      Dengarkan Musik
Menikmati sejenak dengan mendengarkan musik dalam keadaan rileks saat bekerja atau setelah pulang kerja dapat menghilangkan rasa penat atau rasa jenuh.
5.      Manfaatkan Waktu Istirahat
Memanfaatkan waktu istirahat merupakan prioritas utama untuk menyegarkan pikiran. Oleh karena itu, sebaiknya hentikan semua pekerjaan dan segeralah untuk makan siang sambil berkumpul bersama rekan atau sahabat. Bicarakanlah hal-hal ringan untuk mengembalikan kesegaran pikiran. Sehingga saat Anda kembali untuk bekerja sudah siap dengan energi dan semangat yang baru.
6.      Berpikir  Positif
Berpikir positif atau berprasangka baik adalah salah satu cara untuk menghilangkan stres dan jenuh dalam bekerja. Misal pada saat atasan marah-marah, Anda harus berprasangka baik karena marah tersebut merupakan masukan yang berguna bagi perkembangan kinerja di kemudian hari.
7.      Membuat Prioritas
Mulailah dengan membuat daftar semua tugas yang harus dikerjakan pada hari itu. Susunlah berdasarkan skala prioritas, mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu dan mana tugas berikutnya. Hal ini dilakukan supaya Anda terbantu dan bisa lebih fokus dalam bekerja.
8.      Istirahat Sebentar
Terkadang Anda lupa untuk memberikan waktu istirahat bagi tubuh karena bekerja terlalu fokus selama berjam-jam. Luangkan istirahat sejenak dalam setiap jam atau setiap menyelesaikan tugas sekitar 5 menit. Selama istirahat tersebut bisa melakukan beberapa hal, seperti menyeduh segelas teh atau menghirup udara segar. Dapat juga dimanfaatkan untuk merenggangkan tubuh, berselancar di internet, main game, atau hanya menutup mata selama beberapa detik tapi awas ketiduran.
9.      Melakukan Sesuatu Yang Baru
Pada saat merasa jenuh dan bosan dalam bekerja, Anda bisa melakukan inisiatif untuk melakukan sesuatu yang baru untuk membangun perusahaan, seperti menawarkan diri untuk mencari konsumen baru, membuat data base baru, atau beberapa aktivitas yang terkait dengan pekerjaan. Pastikan hal tersebut, setelah Anda mendapatkan izin dari atasan.
10.    Selalu Berusaha dan Tetap Berdoa
Hal yang paling utama dari point-point di atas adalah hendaknya Anda selalu berusaha lebih baik dalam menyelesaikan setiap tugas. Dan tetap berdoa kepada-Nya agar Anda senantiasa diberikan kemudahan, kelancaran, dan mendapatkan hasil yang diharapkan.


***

0 komentar :

Posting Komentar

 
How to Lose Weight at Home Top