Translate

Menangkal Penyakit

Menjaga Ketahanan Tubuh
     Perubahan musim dari musim penghujan ke musim kemarau atau sebaliknya akan mengubah tabiat bibit penyakit. Tidak hanya itu saja, dampak adanya global warning atau pemanasan global ternyata mengubah sifat virus, kuman, dan parasit. Padahal virus, kuman dan parasit ini semula mempan dibasmi dengan antiseptic, sekarang berubah menjadi kebal, sehingga hanya mempan dengan antibiotika generasi yang lebih baru.
Begitu pula dengan cuaca, iklim, dan musim sangat mempengaruhi kondisi lingkungan dan tubuh manusia. Apabila tubuh mampu beradaptasi dengan setiap perubahan lingkungan, maka akan membuat Anda tidak rentan jatuh sakit. Oleh karena itu, agar daya tahan tubuh kita kuat perlu kiranya mematuhi prinsip hidup sehat. Seperti jadwal makan teratur dengan menu seimbang, tidak berlebihan porsi, tidur yang cukup, dan luangkan waktu isirahat.
Selain itu, tubuh juga perlu bergerak agar sirkulasi darah mengalir dengan baik. Biarkan badan kita melakukan banyak gerakan apa saja, selain berolahraga. Bergerak membangun otot dan tulang, selain menguatkan jantung, derasnya aliran darah menentukan apakah kekebalan tubuh bisa mencapai seluruh tubuh. Bergerak badan dan berolahraga memungkinkan sistem kekebalan yang terbentuk mampu bekerja optimal. Namun kelebihan beraktivitas juga tidak menyehatkan. Perlu ada batasan dan tidak boleh over-training. Kelebihan radikal bebas yang terjadi karena badan terlalu letih dalam tubuh malah merusak badan. Kanker, sumbatan pembuluh darah, dan kerusakan sel tubuh lainnya terjadi akibat radikal bebas menumpuk dalam tubuh. Antioksidan yang dibuat oleh tubuh tidak mampu menetralkannya.
Sekarang ini sangat beragam jenis virus yang terbang di udara, terbawa dalam air limbah, atau dibawa oleh orang yang sedang sakit. Ancaman bibit penyakit di era modern jauh lebih berbahaya dibanding zaman nenek  moyang dulu. Maka bila badan kita kurang tangguh, lebih besar kemungkinan terserang bibit penyakit. Lingkungan yang terpolusi, dan tercemar bibit penyakit tak mungkin kita kendalikan. Maka strategi agar tubuh kita tidak terserang bibit penyakit, tubuh kita yang perlu dikuatkan. Selain dengan cara berpola hidup sehat, patuhi imunisasi anak, dan pelihara kebersihan diri juga.

Menjaga Kebersihan
Memiliki pola hidup sehat tidak cukup jika tidak diimbangi dengan menjaga kebersihan diri. Karena berbagai penyakit akan masuk ke dalam tubuh kita, seperti: diare, hepatitis, tifus, disenteri, leptospira dari kencing tikus, dan sederet penyakit pencernaan lainnya. Terlebih lagi terjadi selama perubahan iklim baik dari kemarau ke hujan ataupun sebaliknya.
 Biasanya pada awal musim penghujan berjangkit demam berdarah (DBD). Hal ini terjadi karena kita kurang peduli terhadap genangan air hujan di sekitar kita termasuk air yang tertampung di dalam rumah. Nyamuk DBD bersarang di air yang jernih, bukan air kotor. Nyamuk betina DBD, dapat bertelur dalam air sekitar 30 tetes. Oleh karena itu, semua yang menjadi tempat berkembang biak nyamuk DBD harus disingkirkan sehingga pembawa virus DBD ini populasinya berkurang.
Kondisi lingkungan selama musim penghujan pun dapat melemahkan kondisi tubuh manusia. Karena tubuh terpapar hawa dingin oleh hujan. Maka siasati dengan selalu menghangatkan tubuh dengan minuman hangat seperti susu hangat atau wedang jahe. Selain itu, batasi tubuh dari paparan hawa dingin dan terpaan hujan, dengan memakai baju hangat, sweater, jas hujan, dan pakaian berbahan lebih tebal. Hangatkan badan anak dengan membalurnya memakai minyak kayu putih atau minyak telon, sehabis terkena udara dingin atau hujan.
Begitu juga makanan sebaiknya dibuat lebih hangat, dan pilih jenis makanan yang menambah panas tubuh, seperti sup kaldu ayam/daging dan sayur. Sup tersebut kaya akan protein dan sayuran juga menambah asupan vitamin dan mineral yang penting bagi daya tahan tubuh.
Anak dan lansia yang tergolong rentan sakit, sebaiknya dikuatkan dengan tambahan imunisasi influenza agar tidak mudah terserang penyakit influenza. Termasuk membatasi pergi keluar rumah jika tidak ada kepentingan yang mendesak.

***



0 komentar :

Posting Komentar

 
How to Lose Weight at Home Top