Translate

Kolesterol merupakan lemak yang terdapat di dalam aliran darah atau sel tubuh yang sebenarnya dibutuhkan untuk pembentukan dinding sel dan sebagai bahan baku beberapa hormon. Akan tetapi, apabila kadar kolesterol dalam darah berlebihan dapat menyebabkan munculnya penyakit berbahaya, seperti: jantung koroner dan stroke. Kolesterol umumnya diderita oleh orang yang gemuk meskipun orang yang kurus juga bisa mengalaminya. Dalam beberapa kasus, munculnya kolesterol dapat disebabkan faktor keturunan. Sedangkan yang paling umum terjadi akibat pola makan yang tidak sehat, terutama mengonsumsi makanan yang rendah serat namun lemaknya tinggi atau mengandung kadar minyak berlebih. Makanan tersebut seperti goreng-gorengan, jeroan, bebek, kulit, sosis, kepiting, udang, cumi, mentega, kuning telur, susu berlemak, dan keju. Oleh karena itu, Kita wajib mengetahui makanan apa saja yang dapat menurunkan kandungan kolesterol LDL (Low Density Lipoprotein) dan menjaga kolesterol baik HDL (High Density Lipoprotein) dalam darah.
 
  •   Kacang kedelai
Beberapa produk makanan berbahan dasar kedelai ternyata mampu mengurangi kadar kolesterol dalam darah, misalnya tahu, tempe, susu kedelai, tofu, dan sebagainya. Kandungan lemak tak jenuh dalam produk makanan tersebut sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung.
 
  •   Kacang-kacangan
Makanan kacang-kacangan termasuk murah meriah dan mudah didapatkan, akan tetapi mengandung serat yang tinggi dan rendah kolesterol. Oleh karena itu, mengonsumsi kacang-kacangan selama 6 minggu dapat menurunkan kadar kolesterol hingga 10%. Termasuk makanan lain yang tinggi seratnya, seperti: berah merah, apel, gandum, sejumlah buah-buahan, dan sayuran.
 
  • Alpukat
Buah alpukat memiliki kandungan lemak tak jenuh tunggal yang berguna bagi kesehatan jantung. Jenis lemak ini mampu meningkatkan kadar HDL dalam darah yang sangat baik untuk jantung. Namun meski baik bagi kesehatan, alpukat memiliki kalori yang tinggi sehingga jangan berlebihan mengonsumsinya.
 
  •  Ikan salmon
Menurut para peneliti, ikan salmon memiliki asam lemak omega 3 yang dapat mencegah tingginya kadar kolesterol. Tidak hanya terdapat pada ikan salmon, lemak omega 3 juga banyak terkandung dalam ikan herning, mackerel, sarden atau tuna.

  •  Margarin
Margarin sudah dibuktikan dapat menurunkan kadar kolesterol. Cara kerjanya yaitu memblokir penyerapan kolesterol yang terkandung dalam makanan.

  •  Teh
Teh tidak hanya sedap untuk diminum dalam keadaan panas maupun dingin. Akan tetapi, teh memiliki kandungan antioksidan sangat tinggi yang berguna menjaga syaraf tubuh dalam kondisi rileks dan mencegah darah agar tidak menggumpal.

  •  Cokelat
Cokelat terbukti bisa membantu kesehatan jantung. Apalagi jika mengonsumsi cokelat jenis dark chocolate, karena dinilai 3 kali lebih banyak mengandung flavonoid antioksidan. Kandungan tersebut dapat menjaga darah tetap lancar dan tidak menggumpal sehingga terhindar dari saluran darah yang tersumbat.

  •  Bawang putih
Bawang putih telah dikenal sejak ribuan tahun karena memiliki beragam khasiat oleh berbagai kultur di dunia. Bagi orang Mesir kuno, bawang dinilai sebagai peningkat stamina. Sedangkan, di era sekarang bawang putih dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol, mengurangi tekanan darah tinggi, dan juga menjaga tubuh dari serangan infeksi.

  •  Bayam
Bayam memiliki kandungan lutein yang sangat kaya. Lutein merupakan pigmen berwarna kuning yang sering terdapat pada sayuran hijau dan juga kuning telur. Kegunaan lutein dipercaya dapat melawan age related macular degeneration, yang menjadi penyebab kebutaan. Apalagi jika mengonsumsi setiap hari, dapat mencegah terjadinya serangan jantung dan stroke.

***

0 komentar :

Posting Komentar

 
How to Lose Weight at Home Top